Selasa, 08 September 2009

PELUMAS 4 TAK

Mutu pelumas mesin bensin terus menerus mengalami proses perubahan serta proses perkembangan guna memenuhi berbagai tuntutan teknologi. Oleh karena itu dengan adanya perkembangnan teknologi yang cepat, maka lebih banyak upaya yang dibutuhkan untuk peningkatan teknologi pelumas lebih lanjut. Selama ini, kendaraan bermotor 4 tak menggunakan pelumas menggunakan pelumas yang didesain untuk mesin mobil kendaraan bermotor 4 tak yang dinyalakan dengan busi. Namun dengan adanya tuntutan keekonomian bahan bakar pada pelumas-pelumas mobil generasi terakhir menyebabkan pelumas-pelumas tersebut harus mengandung friction modifier. Adanya aditif ini dapat menyebabkan kopling pada sepeda motordengan kopling basah menjadi selip dan pada akhirnya sepeda motor tersebut dapat kehilangna tenaga.
Karena itulah, JASO menetapkan spesifikasi baru untuk pelumas sepeda motor 4 tak, selain kategori API mulai sari SE sampai SJ, pelumas-pelumas ini diklasifikasikan berdasarkan karakteristik friksinya yang ditentukan oleh JASO dengan prosedur test SAE#2.
Dimasa yang akan datang para pabrikan sepeda motor 4 tak, dapat menetapkan kebutuhan pelumas mesinnya yaitu MA atau MB.

1. FASTRON FULLY SYNTHETIC SAE 0W-50
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

http://pelumas.pertamina.com/images/BgPrimaXP.jpg
FASTRON FULLY SYNTHETIC adalah pelumas mesin kendaraan bensin bermutu tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar full synthetic Polyalphaolefin atau yang lebih dikenal dengan PAO, sehingga pelumas ini sangat unggul dikelasnya.
FASTRON FULLY SYNTHETIC dengan kekentalan SAE 0w-50, memenuhi tingkatan mutu API service kategori SM yang merupakan tingkatan mutu tertinggi saat ini.
FASTRON FULLY SYNTHETIC direkomendasikan untuk kendaraan modern dengan teknologi terkini dari pabrikan-pabrikan mobil terkemuka, yang beroperasi padakondisi ekstrim dan membutuhkan pelumas dengan kualitas unggul dan tepat untuk kegiatan balap mobil dan racing yang ekstrim.
FASTRON FULLY SYNTHETIC memiliki keunggulan-keungglan :
  • kekentalan ganda yang sangat stabil sehingga mesin dapat memberikan kinerja yang optimal selama start up dan operasi pada suhu tingi.
  • ketahanan yang sangat tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memperpanjang umur pemakaian pelumas.
  • Tingkat penguapan yang rendah sehingga pemakaian pelumas menjadi lebih irit
  • Mencegah pembentukan deposit pada piston sehingga mesin tetap handal
  • Menjaga kebersihan mesin sehinga mesin dapat beroperasi secara optimal

FASTRON SYNTHETIC OIL SAE 10W-40
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

FASTRON SYNTHETIC OIL adalah pelumas mesin kendaraan bermutu tinggi yang diormulasikan khusus dari bahan dasar base ol synthetic dengan tingkat unjuk kerja melampaui persyaratan API SL
FASTRON SYNTHETIC OIL dengan kekentalan SAE 10w-40 melampaui mutu API service kategori SL/CF, ACEA A3/B3, MB 229.1 dan VW 502/505 direkomendasikan untuk kendaraan modern dari pabrikan-pabrikan mobil terkemuka, yang beroperasi pada kondisi ekstrim
  • kekentalan ganda yang sangat stabil sehingga mesin dapat memberikan kinerja yang optimal selama start up dan operasi pada suhu tingi.
  • ketahanan yang sangat tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memperpanjang umur pemakaian pelumas.
  • Tingkat penguapan yang rendah sehingga pemakaian pelumas menjadi lebih irit
  • Mencegah pembentukan deposit pada piston sehingga mesin tetap handal
  • Menjaga kebersihan mesin sehinga mesin dapat beroperasi secara optimal
  • memberikan prlindungan maksimal dari keausan dan kontaminasi lain
  • Meningkatkan akselerasi mobil
FASTRON SAE 20W-50
SEMI SINTHETIC MULTIGRADE LUBRICANT
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

FASTRON SEMI SINTHETIC SAE 20W-50 adalah minyak lumas mesin kendaraan dengan bahandasar semi sintetis berkualitas tinggi dengan kekentalan ganda (multigrade) sehingga pelumas mudah bersirkulasi pada temperatus rendah dan memberikan perlindungan optimal terhaadp keausan komponen mesin pada suhu dan kecepatan tinggi
FASTRON SEMI SINTHETIC SAE 20W-50 direkomendasikan untuk kendaraan mesin bensin modern yang dilengkapi dengan sistem direct injection dan multi katup. Juga dapat digunakan pada kendaraan mesin diesel tugas sedang
Kehandalan FASTRON SEMI SINTHETIC SAE 20W-50 terbukti melalui perolehan API SJ (donut) dan juga memenuhi persyaratan untuk tingkatan mutu API CF, ACEA A2-98/B2-98, VW 501.01/505.00 dan Mercedes Benz 226.1
KEUNGULAN
  • Memiliki kekentalan yang sanggat stabil pada temperatus rendah dan tinggi
  • Memberikan perlindungan yang efektif terhadap piston dari pembentukan deposit
  • Melindungi mesin dari keausan
  • memiliki stabilitas oksidasi yang baik
PRIMA XP SAE 20W-50
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

PRIMA XP SAE 20W-50 adalah pelumas mesin bensin yang diformulasikan dari bahan dasar pilihan berkualitas tinggi darijenis HVI dengan aditif hasil teknologi mutakhir dalam jumlah, jenis dan komposisi yang optimal, antara lain detergent dispersant, anti oksidasi, anti aus serta Viscosity Index Improver yang kesemuanya mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap bagian-bagian mesin yang di lumasi.
PRIMA XP SAE 20W-50 memiliki keunggulan utama yaitu mempunyai kekentalan ganda (multigrade), mantap pada suhu tinggi dan rendah sehingga mesin mudah dihidupkan pada waktu suhu rendah serta pelumas tetap mempunyai kekentalan yang sesuai untuk pelumasan pada suhu dan kecepatan tinggi. Formula pelumas ini dikembangkan khusus untuk memberikan perlindungan terhadap pembentukan endapan dan mempunyai ketahanan terhadap degradasi serta mempunyai karakteristik tingkat penguapan yang sangat kecil sehingga konsumsi pelumasnya lebih hemat
PRIMA XP SAE 20W-50 merupakan generasi pelumas terbaru sebagai upaya peningkatan kualitas pelumas Mesran Prima generasi sebelumnya. Pelumas ini diakui dan memperoleh sertifkat dari American Petroleum Institute (API), Engine Oil Licensing and Certification Sistem (EOLOCS), memenuhi persyaratan API service Classification SJ/CF, ACEA A2-98/B2-98, MB 226.1
PRIMA XP SAE 20W-50 direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan terbaru dengan bahan bakar bensin. Kendaraan-kendaraan terbaru masa kini dengan multi katup yang dilengkapi degan sistem DOHC atau Twin Cam meupakan pengguna yang sesuai, yang memerlukan pelumas dngan performance level API Service SJ/CF, ACEA A2-98/B2-98, MB 226.1. Dapat juga digunakan pada kendaraan bensin yang mensyaratkab API sevice SH dan sebelumnya. Pelumas ini juga cocok digunakan untuk mesin diesel tugas sedang.

Pelumas Mesin Bensin 4 Tak

ENDURO 4T 20W-50
MINYAK LUMAS MESIN MOTOR 4 TAK DENGAN KEKENTALAN GANDA (MULTIGRADE)


DESKRIPSI PRODUK

ENDURO 4T 20W-50 adalah minyak lumas motor 4 tak berkualitas tinggi dengan aroma yang khas, memiliki kekentalan ganda (multigrade) sehingga pelumas mudah bersirkulasi pada temperatur rendah dan memberikan perlindungan optimal terhadap keausan komponen mesin pada suhu dan kecepatan tinggi. Selain itu, ENDURO 4T 20W-50 tidak menyebabkan slip pada kopling. Mutu pelumas ENDURO 4T 20W-50 memiliki standar mutu JASO MA dan juga memenuhi standar mutu internasional API SG.


KEMAMPUAN KERJA

Pelumas ENDURO 4T 20W-50 memenuhi spesifikasi Japanese Automobile Standard Organization (JASO) untuk tingkatan mutu JASO-MA dan juga memiliki tingkatan mutu internasional untuk pelumas mesin bensin dengan standar mutu API SG.


KEUNGGULAN
  • Memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi.
  • Tidak menyebabkan slip pada kopling.
  • Tidak mudah teroksidasi dan terdegredasi oleh radiasi panas dari mesin.
  • Menjaga kebersihan mesin serta mencegah terbentuknya deposit pada piston.
  • Melindungi mesin dari korosi dan menjaga komponen mesin dari keausan.
  • Memberikan proteksi yang lebih baik bagi mesin-mesin yang beroperasi dengan akselerasi sangat tinggi.
  • Mampu meningkatkan akselerasi dengan sangat prima, sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.
  • Suara mesin lebih halus dan bekerja dengan lebih sempurna serta gesekan pada transmisi dapat diminimalisir secara optimal.
  • Komponen vital motor utamanya kopling dan rangkaian gear pada transmisi lebih awet dan tahan lebih lama.

PENGGUNAAN YANG DISARANKAN

ENDURO 4T 20W-50 sangat cocok untuk mesin sepeda motor 4 tak seperti Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya. Cocok pula untuk motor 4 tak buatan Cina dan Korea Selatan. Pastikan ENDURO 4T pelumas terbaik bagi performa motor kesayangan anda.


KARAKTERISTIK TIPIKAL :

Characteristics
(Karakteristik)
Testing Method
(Metode Tes)
Test Result Typical
(Hasil Tipe Tes)
No. SAE
20W-50
Viscosity Kinematic, at 40oC, cSt D - 445 171.39
Viscosity Kinematic , at 100oC, cSt

18.74
Viscosity Index
D - 2270 123
Density 15°C, Kg/l D - 1298 0.8904
Colour ASTM D - 1500 Light Blue
Flash Point (COC), oC D - 92 234
Pour Point, oC D - 97 -18
Total Base Number (TBN), mg KOH/g
D - 2896 8.90
Sulfated Ash %wt D - 874
1.16
Apparent Viscosity @ -15 oC, cP
D - 8293 8.800





ENDURO 4T RACING 10W-40
MINYAK LUMAS SYNTEHTIC FORCED MESIN MOTOR 4 TAK DENGAN KEKENTALAN GANDA (MULTIGRADE)

DESKRIPSI PRODUK

ENDURO 4T 10W-40 adalah pelumas motor 4 tak berkualitas tinggi dengan synthetic forced base oil, memiliki kekentalan ganda (multigrade) sehingga pelumas mudah bersirkulasi pada temperatur rendah dan memberikan perlindungan optimal terhadap keausan komponen mesin pada suhu dan kecepatan tinggi. ENDURO 4T 10W-40 telah lolos pengujian Variable Speed Friction Test dengan hasil melebihi high friction reference oil sehingga dipastikan tidak menyebabkan slip pada kopling pada pemakaian di lapangan.


PERFORMANCE LEVEL

ENDURO 4T 10W-40 pelumas sepeda motor pertama di Indonesia yang memiliki standar mutu JASO MA2, dan juga memenuhi standar mutu internasional API SJ.


KEUNGGULAN
  • Tidak menyebabkan slip pada kopling / mengandung anti slip aditif.
  • Memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi.
  • Memiliki kekentalan SAE 10W-40 yang sesuai untuk sepeda motor generasi terbaru sehingga mudah untuk start pada kondisi mesin dingin.
  • Memberikan proteksi yang lebih baik bagi mesin-mesin yang beroperasi dengan akselerasi sangat tinggi, terutama pada aplikasi sepeda motor racing.
  • Tidak mudah teroksidasi dan terdegredasi oleh radiasi panas dari mesin.
  • Menjaga kebersihan mesin, serta mencegah terbentuknya deposit pada piston.
  • Melindungi mesin dari korosi dan menjaga komponen mesin dari keausan.

PENGGUNAAN YANG DISARANKAN

ENDURO 4T 10W-40 ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 tak, merek Suzuki, Honda, Yamaha dan lainnya. Cocok juga digunakan untuk motor 4 tak buatan China dan Korea.


KARAKTERISTIK TIPIKAL :
Characteristics (Karakteristik)

Testing Method
(Metode Tes)

Test Result Typical
(Hasil Tipe Tes)

No. SAE Viscosity Grade

10W-40
Viscosity Kinematic, at 40oC, cSt D - 445 65.38
Viscosity Kinematic, at 100oC, cSt
10.66
Viscosity Index D - 2270 153
Apparent Viscosity @ -15oC, cPs
D - 5293 68.37
Density 15oC, Kg/l D - 1298 0.8779
Colour Visual Blue
Flash Point (COC),oC D - 92 222
Pour Point, oC D - 97 -36
Total Base Number (TBN), mg KOH/g D - 2896 9.59

1 komentar: