Sabtu, 12 September 2009

PERTAMINA ATF (AUTOMATIC TRANSMISION FLUID)

Pertamina ATF

PERTAMINA SYNTHETIC ATF adalah fluida transmisi otomatis multifungsi bermutu tinggi yang di formulasikan dari bahan dasr sintesis dan aditif pilihan. Cocok digunakan untuk transmisi otomatik pada semua jenis kendaraan, sistem hidrolik dan mesin industri

SPESIFIKASI PRODUK
PERTAMINA SYNTHETIC ATF memenuhi performence level :

* General Motor Dexron ®-III-H
* Ford Mercon ®
* Allison C-4
* Caterpillar TO-2


KEUNGGULAN

* Memberikan perlindungan yang optimum terhadap keausan, korosi, deposit pada gearbox automatic, perpindahan gigi lebih bagus tanpa hentakan, friksi lebih stabil dan masa pakai lebih lama serta mencegah pembentukan lendir dan lumpur

Kamis, 10 September 2009

MITOS DI SEPUTAR PELUMAS

MITOS DI SEPUTAR PELUMAS

google8d8b23364792d8c6.html

MITOS DI SEPUTAR PELUMAS

R. Choerniadi Tomo - 738772

Pelumas yang lebih kental tidak selalu memberikan suara mesin yang lebih halus.

Kepercayaan bahwa untuk mendapatkan suara mesin yang lebih halus lebih baik menggunakan pelumas yang lebih kental, diawal mulai berkembangnya teknologi pelumas memang ada sedikit benarnya. Namun dengan teknologi aditif yang semakin maju, maka paradigma tersebut sudah lama ditinggalkan. Teknologi aditif saat ini mampu memberikan perlindungan lapisan pelumas (film strength ) yang semakin tinggi walaupun base oil yang digunakan relatif encer. Bahkan kecenderungan besar dunia saat ini yaitu konsumsi bahan bakar yang semakin hemat (fuel efficiency ), perlindungan lingkungan serta masa penggunaan pelumas yang semakin lama ( extended drain intervaal ) menuntut beberapa pabrikan mobil/kendaraan agar lebih memiliki preferensi pelumas berviskositas rendah, misalnya SAE 10W-30 atau SAE 15W-40 namun dengan film strength semakin tahan terhadap geseran dan beban yang berulang-ulang.

Jangan menjatuhkan pilihan pelumas anda semata-mata berdasarkan klaim bahwa pelumas tersebut berasal dari import atau hanya pada pelumas yang sering dipromosikan di TV atau hanya berdasarkan harga yang lebih mahal.

Mitos bawa pelumas import dan mahal atau pelumas yang loebih sering ditampilkan di TV mempunyai kualitas yang lebih meyakinkan ini terutama menghinggapi konsumen kalangan menengah keatas di negara-negara yang sedang berkembang. Namun disadari bahwa karena minimnya informasi mengenai pelumasan yang tepat maka mitos ini seolah-olah merupakan kebenaran. Walaupun sesungguhnya kualitas pelumas sama sekali tidak mempunyai korelasi dengan produk import/domestik, harga yang mahal/murah, packagingnya bagus/kurang bagus atau nama besar produsen pelumas tersebut. Setiap jenis pelumas mempunyai kategori dan klasifikasi masing-masing untuk melihat kualitas atau performanya. Sebagai contoh, khusus untuk mesin mobil bensin 4 langkah, klasifikasi internasional yang menunjukkan kualitasnya adalah standard API (American Petroleum Institute ). Diawali dengan huruf awal S – yang diambil dari kata spark ( plug – ingat busi ), diikuti dengan huruf kedua sesuai urutan abjad A, B, C, dst. Semakin mundur huruf abdjadnya maka semakin tinggi performa pelumasnya ( tentu saja jika perusahaan pelumas tersebut memang menguji pelumasnya di API ). Informasi API ini pasti ditulis di kemasan pelumasnya dan untuk merek pelumas apapun. Contoh sederhana, terdapat pelumas Lukman Oil. Sesudah menempuh pengujian yang panjang dan melelahkan, pelumas ini diberi sertifikasi API Service SG, dan disisi lain terdapat pesaingnya, pelumas TOP-10 ( bukan hanya Top Satu ) namun hanya memiliki sertifikasi API Service SF. Maka pelumas Lukman Oil jelas-jelas kualitasnya lebih baik walaupun produk domestik, harga lebih murah, promosi lebih sedikit atau kemasan kalah menarik (ingat : G dibelakang F pada urutan abjad ). – Detail tuntutan setiap kategori API ( mesin ujinya, batas minimalnya, perbedaan masing-masing kategori ) ada pada penulis.

Sertifikasi API yang menunjukkan unjuk kerja pelumas bukan hanya digunakan oleh PERTAMINA.

Jelas pendapat yang mengatakan bahwa sertifikasi API hanya digunakan oleh Pertamina itu sangat keliru, mengingat PERTAMINA usianya relatif muda dibandingkan pesaing-pesaing top lain. Dan awal kebangkitan bisnis pelumas PERTAMINA justru karena afiliasinya dengan Mobil Oil dan Shell, dua perusahaan pelumas papan atas dunia. Jelas sebagian besar ilmu dan strategi marketing pelumas PERTAMINA mengadopsi praktek-praktek bisnis yang dilakukan kedua perusahaan tersebut. Sama seperti industri makanan yang perlu diatur oleh Dirjen POM atau FDA (Food & Drug Association – di A.S ), baja perlu ASTM, SII atau Airliner perlu IATA maka bisnis pelumas juga perlu wasit yang independen yaitu API.

Pelumas yang baik memberikan pengaruh yang kecil pada tinggi rendahnya temperatur mesin serta halus kasarnya suara mesin.

Halus kasarnya suara mesin serta tinggi rendahnya temperatur mesin sama sekali tidak berhubungan dengan pelumas. Didalam mekanisme pendinginan mesin (cooling system ) terdapat suatu mekanisme yang bekerjanya secara otomotis untuk mengendalikan temperatur mesin. Pada saat temperatur mesin masih dingin, misalnya pada saat starter, maka termostat akan memerintahkan air pendingin mesin tidak dilewatkan pada radiator untuk didinginkan. Dengan sendirinya temperatur mesin akan naik dengan relatif cepat agar tercapai temperatur mesin yang ideal untuk keperluan apapun, termasuk untuk keperluan pelumasan. Sebaliknya jika temperatur ideal telah tercapai dan terdapat tendensi temperatur akan tetap naik, maka air pendingin mesin pasti akan dilewatkan ke radiator pendingin agar temperatur tetap stabil. Demikian proses ini terjadi hingga temperatur mesin tetap dijaga sekitar 80 – 90oC tidak peduli pelumas yang digunakan. Proses pelepasan panas mesin sebagian besar juga dilakukan melalui cooling system tersebut dan peranan pelumas untuk menurunkan temperatur mesin sangat kecil kontribusinya. Dilihat dari aspek pelumasan justru jika temperatur mesin terlalu dingin maka ketebalan lapisan pelumas menjadi terlalu tebal akibatnya memang suara mesin kelihatan lebih halus namun gesekan antar bagian mesin yang saling berkontak menjadi lebih berat akibat timbulnya internal friction yang lebih kuat antar molekul-molekul pelumas itu sendiri serta antara melokul-molekul pelumas dengan permukaan mesin.

PAPER

Pelumas-Pelumas Yang Dijual Di Pasar Kualitasnya Sangat Bervariasi

Anggapan bahwa semua pelumas yang dijual di pasar baik di toko, kios pengecer maupun SPBU adalah sama merupakan suatu pengertian yang keliru yang umum menghinggapi orang-orang yang kurang terdidik. Orang-orang ini mengabaikan banyak sekali kemajuan teknologi yang berhasil dicapai kalangan industri pelumas selama beberapa puluh tahun terakhir ini. Teknologi generasi terakhir dalam pengembangan base oil ( bahan dasar pembuatan pelumas ) dan pengembangan aditif baru saat ini mungkin tidak akan terbayangkan oleh para orang tua kita.. Beberapa tahun yang lalu para pabrikan mobil hanya merekomendasikan penggunaan pelumas hingga 2.500 km saja. Namun saat ini mobil-mobil generasi lebih baru sudah mulai merekomendasikan penggunaan pelumas hingga 15.000 km dengan menggunakan pelumas mineral. Sedangkan kita tahu bahwa mesin baru beroperasi justru pada temperature mesin yang lebih tinggi, putaran mesin yang lebih cepat serta toleransi yang lebih kecil. Bahkan pelumas generasi mutakhir memiliki viskositas yang lebih encer ( beberapa diantaranya SAE 10W-30 ) namun dengan daya proteksi mesin yang lebih baik bahkan dibandingkan dengan pelumas monograde SAE 40 yang biasa kita gunakan 10 tahun yang lalu.

Pelumas Pertamina Bukan Hanya Aman Digunakan Hingga 2.500 km

Saat ini bisa dikatakan bahwa keputusan pemilihan pelumas bagi para konsumen serta jarak penggunaannya tergantung tulisan tangan para mekanik bengkel pada kartu ganti oli/kartu servis. Celakanya banyak diantaranya merupakan orang-orang yang hanya terdidik pada bidang mekanikal mesin saja namun mempunyai pengetahuan yang sangat minim dalam bidang pelumas. Disinilah penyebab utama adanya persepsi yang salah mengenai pelumas Pertamina.

Dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi base oil serta aditif mutakhir, saat ini Pertamina sudah mampu memproduksi pelumas yang aman digunakan hingga ribuan km. Road test dengan mobil yang umum digunakan oleh masyarakat menunjukkan bahwa pelumas Fastron aman digunakan hingga 10.000km, Prima XP dan Mesran Super aman digunakan hingga 7.500 km sedangkan Mesran 40 aman digunakan hingga 4.000 km. Penentuan jarak tempuh aman ini bahkan setelah melalui analisis fisika maupun kimia pelumas bekasnya serta analisis ausan logam dari mesin serta setelah mesin mobil itu sendiri dibongkar untuk melihat hasil pelumasan pelumas unggulan Pertamina.

Ilustrasi sederhana mengenai pelumas multrigrade SAE 10W-30.

Banyak pengguna pelumas belum mampu memahami viskositas pelumas baik yang multigrade maupun monograde. Gambaran sederhana mengenai viskositas multigrade SAE 10W-30 ini, kira-kira sebagai berikut , pelumas ini akan mengalir dan tertuang seperti pelumas encer dengan SAE 10W pada temperature yang sangat rendah namun kekentalannya tetap terjaga seperti SAE 30 pada temperature operasi mesin. Tetap terjaga pada temperature mesin yang panas karena adanya penambahan aditif khusus yang dapat memperbaiki indeks viskositasnya serta akibat bahan dasar pelumasnya sendiri yang relative kental.


PELUMAS MESRAN SERIES

MESRAN SUPER SAE 20W-50

MESRAN SUPER SAE 20W-50 adalah Pelumas Mesin bensin yang diproduksi dari bahan dasar pelumas berkualits tinggi. Mengandung additif detergent, dispersant, anti oksidasi, anti aus dan mempunyai sifat-sifat melindungi dan memelihara kebersihan torak, mencegah terbentuknya sludge (endapan lumpur), mampu mengurangi keausan pada bagian-bagian yang bergerak terutama pada katup dengan baik.
Pelumas MESRAN SUPER SAE 20W-50 mengandung bahan aditif khusus sehingga memiliki kekentalan ganda (multigrade) menjadikan pelumas ini mudah bersirkulasi. Mesin mudah dihidupkan pada waktu mesin dingin dan suhu rendah serta tetap mempunyai kekentalan yang mantap saat pngoperasian pada suhu dan kecepatan tinggi.
Keistimewaan MESRAN SUPER SAE 20W-50 ini ditunjukkan dengan performance levelnya yang telah memenuhi persyaratan API Service SG/CD dan tidak perlu tambahan aditif lagi.
Pelumas MESRAN SUPER SAE 20W-50 ini dianjurkan dipakai pada mesin kendaraan dan sepeda motor yang diproduksi tahun 90an yang membutuhkan pelumas dengan kualifikasi performansi yang tinggi. Pelumas ini juga cocok untuk melumasi sitem transmisi sepeda motor 2 tak.

MESRAN SAE 10W, 20W, 30, 40, 50

Pelumas ini terutama dianjurkan untuk emlumasi mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin dan menghendaki pelumasan yang sempurna. Pelumas ini adalah dari jenis tugas berat dan bermutu tinggi, emngandung detergent dispersant aditif senhingga pelumas ini dapat mengurangi pengotoran pada bagian dalam mesin, anti aus dan anti busa. Minyak lumas ini diformulasikan dari bahan dasar yang memiliki viscosity index tinggi.
Mesran memenuhi persyaratan API service classification SE/CC, sehingga tidak perlu tambahan aditif lagi.
Penggunaan Mesran sangat sesuai untuk pelumasan mesin bensin kendaraan yang mensyaratkan kinerja API Service SE/CC, Ford ESE M2C-153A, GM 6136M, MIL-L-46152 and CCMC, oleh karena itu tidak perlu tambahan aditif lagi.
Pelumas ini juga cocok untuk mesin diesel yang membutuhkan pelumas dengan API service classification CC.

MESRAN B SAE 30, 40, 50

Pelumas bermutu tinggi dirancang untuk mesin diesel yang bertenaga sedang dengan turbocharger dan mesin bensin yang kedua-duanya dipergunakan pada armada angkutan serta mesin alat-alat berat yang emnghendaki pelumas jenis ini.
MESRAN B ini cocok untuk perusahaan dengan armada kendaraan bermesin bensin dan diesel. Pelumas ini diformulasikan dari bahan dasar yang memiliki viscosity index yang tinggi serta mengandung detergent dispersant yang tinggi, anti oksidasi, anti karat, anti aus dan anti busa. Sifat lainnya dari pelumas ini adalah idak menimbulkan lumpur endapan (sludge) walaupun mesin bekerja pada suhu rendah, mengingat sifat ini diperlukan pada kendaraan yang bekerja ringan.
MESRAN B memenuhi persyaratan API Service classification CD/SF, MIL-L-2104 C dan tidak perlu tambahan aditif lagi
MESRAN B sangat sesuai untuk pelumasan mesin diesel kendaraan bertenaga besar tanpa turbocharger maupun yang bertenaga sedang dengan turbocharger. MESRAN B dapat digunakan untuk kendaraan mesin bensin yang memerlukan pelumas dengan performance level API service classification SF.

Selasa, 08 September 2009

PELUMAS 4 TAK

Mutu pelumas mesin bensin terus menerus mengalami proses perubahan serta proses perkembangan guna memenuhi berbagai tuntutan teknologi. Oleh karena itu dengan adanya perkembangnan teknologi yang cepat, maka lebih banyak upaya yang dibutuhkan untuk peningkatan teknologi pelumas lebih lanjut. Selama ini, kendaraan bermotor 4 tak menggunakan pelumas menggunakan pelumas yang didesain untuk mesin mobil kendaraan bermotor 4 tak yang dinyalakan dengan busi. Namun dengan adanya tuntutan keekonomian bahan bakar pada pelumas-pelumas mobil generasi terakhir menyebabkan pelumas-pelumas tersebut harus mengandung friction modifier. Adanya aditif ini dapat menyebabkan kopling pada sepeda motordengan kopling basah menjadi selip dan pada akhirnya sepeda motor tersebut dapat kehilangna tenaga.
Karena itulah, JASO menetapkan spesifikasi baru untuk pelumas sepeda motor 4 tak, selain kategori API mulai sari SE sampai SJ, pelumas-pelumas ini diklasifikasikan berdasarkan karakteristik friksinya yang ditentukan oleh JASO dengan prosedur test SAE#2.
Dimasa yang akan datang para pabrikan sepeda motor 4 tak, dapat menetapkan kebutuhan pelumas mesinnya yaitu MA atau MB.

1. FASTRON FULLY SYNTHETIC SAE 0W-50
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

http://pelumas.pertamina.com/images/BgPrimaXP.jpg
FASTRON FULLY SYNTHETIC adalah pelumas mesin kendaraan bensin bermutu tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar full synthetic Polyalphaolefin atau yang lebih dikenal dengan PAO, sehingga pelumas ini sangat unggul dikelasnya.
FASTRON FULLY SYNTHETIC dengan kekentalan SAE 0w-50, memenuhi tingkatan mutu API service kategori SM yang merupakan tingkatan mutu tertinggi saat ini.
FASTRON FULLY SYNTHETIC direkomendasikan untuk kendaraan modern dengan teknologi terkini dari pabrikan-pabrikan mobil terkemuka, yang beroperasi padakondisi ekstrim dan membutuhkan pelumas dengan kualitas unggul dan tepat untuk kegiatan balap mobil dan racing yang ekstrim.
FASTRON FULLY SYNTHETIC memiliki keunggulan-keungglan :
  • kekentalan ganda yang sangat stabil sehingga mesin dapat memberikan kinerja yang optimal selama start up dan operasi pada suhu tingi.
  • ketahanan yang sangat tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memperpanjang umur pemakaian pelumas.
  • Tingkat penguapan yang rendah sehingga pemakaian pelumas menjadi lebih irit
  • Mencegah pembentukan deposit pada piston sehingga mesin tetap handal
  • Menjaga kebersihan mesin sehinga mesin dapat beroperasi secara optimal

FASTRON SYNTHETIC OIL SAE 10W-40
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

FASTRON SYNTHETIC OIL adalah pelumas mesin kendaraan bermutu tinggi yang diormulasikan khusus dari bahan dasar base ol synthetic dengan tingkat unjuk kerja melampaui persyaratan API SL
FASTRON SYNTHETIC OIL dengan kekentalan SAE 10w-40 melampaui mutu API service kategori SL/CF, ACEA A3/B3, MB 229.1 dan VW 502/505 direkomendasikan untuk kendaraan modern dari pabrikan-pabrikan mobil terkemuka, yang beroperasi pada kondisi ekstrim
  • kekentalan ganda yang sangat stabil sehingga mesin dapat memberikan kinerja yang optimal selama start up dan operasi pada suhu tingi.
  • ketahanan yang sangat tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memperpanjang umur pemakaian pelumas.
  • Tingkat penguapan yang rendah sehingga pemakaian pelumas menjadi lebih irit
  • Mencegah pembentukan deposit pada piston sehingga mesin tetap handal
  • Menjaga kebersihan mesin sehinga mesin dapat beroperasi secara optimal
  • memberikan prlindungan maksimal dari keausan dan kontaminasi lain
  • Meningkatkan akselerasi mobil
FASTRON SAE 20W-50
SEMI SINTHETIC MULTIGRADE LUBRICANT
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

FASTRON SEMI SINTHETIC SAE 20W-50 adalah minyak lumas mesin kendaraan dengan bahandasar semi sintetis berkualitas tinggi dengan kekentalan ganda (multigrade) sehingga pelumas mudah bersirkulasi pada temperatus rendah dan memberikan perlindungan optimal terhaadp keausan komponen mesin pada suhu dan kecepatan tinggi
FASTRON SEMI SINTHETIC SAE 20W-50 direkomendasikan untuk kendaraan mesin bensin modern yang dilengkapi dengan sistem direct injection dan multi katup. Juga dapat digunakan pada kendaraan mesin diesel tugas sedang
Kehandalan FASTRON SEMI SINTHETIC SAE 20W-50 terbukti melalui perolehan API SJ (donut) dan juga memenuhi persyaratan untuk tingkatan mutu API CF, ACEA A2-98/B2-98, VW 501.01/505.00 dan Mercedes Benz 226.1
KEUNGULAN
  • Memiliki kekentalan yang sanggat stabil pada temperatus rendah dan tinggi
  • Memberikan perlindungan yang efektif terhadap piston dari pembentukan deposit
  • Melindungi mesin dari keausan
  • memiliki stabilitas oksidasi yang baik
PRIMA XP SAE 20W-50
harga eceran : Rp.
harga /dos : Rp.

PRIMA XP SAE 20W-50 adalah pelumas mesin bensin yang diformulasikan dari bahan dasar pilihan berkualitas tinggi darijenis HVI dengan aditif hasil teknologi mutakhir dalam jumlah, jenis dan komposisi yang optimal, antara lain detergent dispersant, anti oksidasi, anti aus serta Viscosity Index Improver yang kesemuanya mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap bagian-bagian mesin yang di lumasi.
PRIMA XP SAE 20W-50 memiliki keunggulan utama yaitu mempunyai kekentalan ganda (multigrade), mantap pada suhu tinggi dan rendah sehingga mesin mudah dihidupkan pada waktu suhu rendah serta pelumas tetap mempunyai kekentalan yang sesuai untuk pelumasan pada suhu dan kecepatan tinggi. Formula pelumas ini dikembangkan khusus untuk memberikan perlindungan terhadap pembentukan endapan dan mempunyai ketahanan terhadap degradasi serta mempunyai karakteristik tingkat penguapan yang sangat kecil sehingga konsumsi pelumasnya lebih hemat
PRIMA XP SAE 20W-50 merupakan generasi pelumas terbaru sebagai upaya peningkatan kualitas pelumas Mesran Prima generasi sebelumnya. Pelumas ini diakui dan memperoleh sertifkat dari American Petroleum Institute (API), Engine Oil Licensing and Certification Sistem (EOLOCS), memenuhi persyaratan API service Classification SJ/CF, ACEA A2-98/B2-98, MB 226.1
PRIMA XP SAE 20W-50 direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan terbaru dengan bahan bakar bensin. Kendaraan-kendaraan terbaru masa kini dengan multi katup yang dilengkapi degan sistem DOHC atau Twin Cam meupakan pengguna yang sesuai, yang memerlukan pelumas dngan performance level API Service SJ/CF, ACEA A2-98/B2-98, MB 226.1. Dapat juga digunakan pada kendaraan bensin yang mensyaratkab API sevice SH dan sebelumnya. Pelumas ini juga cocok digunakan untuk mesin diesel tugas sedang.

Pelumas Mesin Bensin 4 Tak

ENDURO 4T 20W-50
MINYAK LUMAS MESIN MOTOR 4 TAK DENGAN KEKENTALAN GANDA (MULTIGRADE)


DESKRIPSI PRODUK

ENDURO 4T 20W-50 adalah minyak lumas motor 4 tak berkualitas tinggi dengan aroma yang khas, memiliki kekentalan ganda (multigrade) sehingga pelumas mudah bersirkulasi pada temperatur rendah dan memberikan perlindungan optimal terhadap keausan komponen mesin pada suhu dan kecepatan tinggi. Selain itu, ENDURO 4T 20W-50 tidak menyebabkan slip pada kopling. Mutu pelumas ENDURO 4T 20W-50 memiliki standar mutu JASO MA dan juga memenuhi standar mutu internasional API SG.


KEMAMPUAN KERJA

Pelumas ENDURO 4T 20W-50 memenuhi spesifikasi Japanese Automobile Standard Organization (JASO) untuk tingkatan mutu JASO-MA dan juga memiliki tingkatan mutu internasional untuk pelumas mesin bensin dengan standar mutu API SG.


KEUNGGULAN
  • Memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi.
  • Tidak menyebabkan slip pada kopling.
  • Tidak mudah teroksidasi dan terdegredasi oleh radiasi panas dari mesin.
  • Menjaga kebersihan mesin serta mencegah terbentuknya deposit pada piston.
  • Melindungi mesin dari korosi dan menjaga komponen mesin dari keausan.
  • Memberikan proteksi yang lebih baik bagi mesin-mesin yang beroperasi dengan akselerasi sangat tinggi.
  • Mampu meningkatkan akselerasi dengan sangat prima, sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.
  • Suara mesin lebih halus dan bekerja dengan lebih sempurna serta gesekan pada transmisi dapat diminimalisir secara optimal.
  • Komponen vital motor utamanya kopling dan rangkaian gear pada transmisi lebih awet dan tahan lebih lama.

PENGGUNAAN YANG DISARANKAN

ENDURO 4T 20W-50 sangat cocok untuk mesin sepeda motor 4 tak seperti Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya. Cocok pula untuk motor 4 tak buatan Cina dan Korea Selatan. Pastikan ENDURO 4T pelumas terbaik bagi performa motor kesayangan anda.


KARAKTERISTIK TIPIKAL :

Characteristics
(Karakteristik)
Testing Method
(Metode Tes)
Test Result Typical
(Hasil Tipe Tes)
No. SAE
20W-50
Viscosity Kinematic, at 40oC, cSt D - 445 171.39
Viscosity Kinematic , at 100oC, cSt

18.74
Viscosity Index
D - 2270 123
Density 15°C, Kg/l D - 1298 0.8904
Colour ASTM D - 1500 Light Blue
Flash Point (COC), oC D - 92 234
Pour Point, oC D - 97 -18
Total Base Number (TBN), mg KOH/g
D - 2896 8.90
Sulfated Ash %wt D - 874
1.16
Apparent Viscosity @ -15 oC, cP
D - 8293 8.800





ENDURO 4T RACING 10W-40
MINYAK LUMAS SYNTEHTIC FORCED MESIN MOTOR 4 TAK DENGAN KEKENTALAN GANDA (MULTIGRADE)

DESKRIPSI PRODUK

ENDURO 4T 10W-40 adalah pelumas motor 4 tak berkualitas tinggi dengan synthetic forced base oil, memiliki kekentalan ganda (multigrade) sehingga pelumas mudah bersirkulasi pada temperatur rendah dan memberikan perlindungan optimal terhadap keausan komponen mesin pada suhu dan kecepatan tinggi. ENDURO 4T 10W-40 telah lolos pengujian Variable Speed Friction Test dengan hasil melebihi high friction reference oil sehingga dipastikan tidak menyebabkan slip pada kopling pada pemakaian di lapangan.


PERFORMANCE LEVEL

ENDURO 4T 10W-40 pelumas sepeda motor pertama di Indonesia yang memiliki standar mutu JASO MA2, dan juga memenuhi standar mutu internasional API SJ.


KEUNGGULAN
  • Tidak menyebabkan slip pada kopling / mengandung anti slip aditif.
  • Memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi.
  • Memiliki kekentalan SAE 10W-40 yang sesuai untuk sepeda motor generasi terbaru sehingga mudah untuk start pada kondisi mesin dingin.
  • Memberikan proteksi yang lebih baik bagi mesin-mesin yang beroperasi dengan akselerasi sangat tinggi, terutama pada aplikasi sepeda motor racing.
  • Tidak mudah teroksidasi dan terdegredasi oleh radiasi panas dari mesin.
  • Menjaga kebersihan mesin, serta mencegah terbentuknya deposit pada piston.
  • Melindungi mesin dari korosi dan menjaga komponen mesin dari keausan.

PENGGUNAAN YANG DISARANKAN

ENDURO 4T 10W-40 ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 tak, merek Suzuki, Honda, Yamaha dan lainnya. Cocok juga digunakan untuk motor 4 tak buatan China dan Korea.


KARAKTERISTIK TIPIKAL :
Characteristics (Karakteristik)

Testing Method
(Metode Tes)

Test Result Typical
(Hasil Tipe Tes)

No. SAE Viscosity Grade

10W-40
Viscosity Kinematic, at 40oC, cSt D - 445 65.38
Viscosity Kinematic, at 100oC, cSt
10.66
Viscosity Index D - 2270 153
Apparent Viscosity @ -15oC, cPs
D - 5293 68.37
Density 15oC, Kg/l D - 1298 0.8779
Colour Visual Blue
Flash Point (COC),oC D - 92 222
Pour Point, oC D - 97 -36
Total Base Number (TBN), mg KOH/g D - 2896 9.59

PELUMAS CURAH UNTUK INDUSTRI


Ada banyak macam pelumas yang dipakai untuk industri, diantaranya adalah Turalik, Salik, dll

Dalam rangka mengefisienkan biaya customer dalam menyediakan kebutuhan pelumas serta membantu memudahkan customer dalam penanganan material handling, Pertamina dan mitra usahanya menyediakan pelumas dalam bentuk curah.

Guna terlaksananya supply curah tersebut, maka kita perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Persiapan (Survey Lapangan), yang meliputi :

a. Tersedianya storage tank/daily tank

b. Ukuran slang atau inlet pipe menuju storage tank

c. Panjang selang yang dibutuhkan

2. Perlengkapan Pengiriman.

Guna memperlancar pengiriman pelumas dalam bentuk curah, disediakan perlengkapan pengiriman sbb :

  1. Armada Truk
  2. 1 set pompa (mesin diesel, po,pa, flow meter, dan selang)
  3. IBC (Intermediate Bulk Container
  4. Bulk Crew (man power)

Keuntungan-keuntungan Supply Curah

  1. Customer mendapatkan produk yang sama kualitasnya dengan harga yang lebih ekonomis
  2. Material handling lebih mudah karena pelumas bisa langsung dipompa ke storage tank
  3. Crew mesin bisa terbantu karena tidak harus memompa secara manual dari drum ke storage tank, sehingga mempunyai waktu lebih banyak untuk maintenance mesin
  4. Mengurangi resiko hilangnya barang karena dengan sistem curahtidak tersedia fasilitas kontainer (wadah) untuk memindahkan pelumas ke luar
  5. Pemantauan pelumas lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan drum
  6. Tempat/area kerja lebih bersih karena tidak ada drum-drum bekas dan ceceran olie yang sulit dibersihkan

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Edi Purwanto

d/a SPBU 54-60116

jl. Simopomahan 23 - 27p. Surabaya

telp./faks : 031-7491902, 0317491903

hp 08123290791, 03171859791